Rabu, 14 Oktober 2015

Manfaat Kurma Untuk Kesehatan Tubuh

Di musim haji seperti saat ini, tentu anda ada banyak kurma yang tersedia di rumah anda, baik itu anda yang pulang membawa oleh-oleh dari tanah suci atau anda mendapatkan oleh-oleh dari tetangga atau keluarga yang baru pulang. Buah kurma, sebagaimana yang kita kenal memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Rasanya yang manis membuat buah ini banyak disukai oleh semua kalangan masyarakat. Berikut ini beberapa manfaat kurma bagi kesehatan. 

Pertama, kurma sebagai sumber nutrisi untuk tulang. Buah kurma baik dikonsumsi oleh lansia yang memiliki kepadatan tulang semakin menurun. Hal ini dikarenakan buah kurma merupakan sumber mineral dan selenium, magnesium, mangan dan tembaga. Kelima kandungan tersebut merupakan nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh untuk kesehatan tulang dan mampu melawan pengeroposan tulang (osteoporosis).

Kedua, sumber energi. Terlalu banyak aktivitas membuat badan menjadi lelah. Untuk mengembalikan energi anda, maka anda bisa mengkonsumsi buah kurma karena mengandung kadar gula alami yang tinggi. Berbagai kandungan seperti glukosa, sukrosa dan fruktosa bermanfaat untuk mengembalikan energi tubuh anda yang terkuras saat melakukan berbagai pekerjaan berat.

Ketiga, kurma dapat mencegah anemia. Penyakit anemia seringkali membuat anda mudah pusing, apalagi jika anda berdiri setelah duduk lama. Kandungan zat besi dalam buah manis ini sangat baik untuk anda yang terkena penyakit anemia atau kurang darah.

Keempat, kurma dapat menyehatkan sistem pencernaan anda. dalam buah kurma terkandung sejumlah serat larut dan asam amino yang berfungsi membantu proses pencernaan makanan dan berlangsung lebih baik dan efisien sehingga dapat membuat kerja sistem pencernaan lebih ringan. 

Kelima, buah kurma dapat meningkatkan kinerja otak. Mengkonsumsi buah kurma dapat meningkatkan kecerdasan anda. buah ini dipercaya sebagai makanan terbaik untuk otak anda. hal ini dikarenakan buah kurma mengandung kalium yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecepatan berpikir otak anda.

Keenam, dapat meningkatkan kesehatan jantung. Kandungan potasium dalam kurma berfungsi membantu mencegah seseorang dari risiko serangan stroke dan penyakit jantung.

Itulah beberapa manfaat kurma untuk kesehatan anda, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar