Selasa, 20 Oktober 2015

Buah Nangka, Buah Lezat yang Baik Untuk Kesehatan

Buah nangka! Buah yang rasanya manis ini sangat nikmat dimakan secara langsung. Karena rasanya yang lezat, kita seringkali tidak menyadari bahwa kita telah memakannya dalam jumlah banyak. Banyak cara untuk menikmati buah nangka, selain dimakan secara langsung, nangka muda juga sangat lezat dibuat sayur seperti gudeg dan gulai. Selain rasanya yang sangat dicintai, buah nangka juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh karena berbagai kandungan baik di dalamnya. Berikut berbagai kandungan dalam buah nangka yang baik untuk kesehatan. 

1. Antioksidan Kandungan antioksidan dalam buah nangka berasal dari kandungan vitamin C yang cukup tinggi, bahkan jumlahnya tidak kalah dibandingkan dengan buah jeruk dan apel. Selain bermanfaat sebagai antioksidan, buah nangka juga memiliki kandungan gula seperti fruktosa dan sukrosa yang sangat baik untuk menambah energi dalam tubuh. 



2. Menjaga kesehatan mata Mengkonsumsi Buah nangka bisa meningkatkan kesehatan mata. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin A dan C pada buah nangka merupakan antioksidan yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan dapat menjaga kesehatan mata anda. 

3. Menjaga tekanan darah Kandungan kalium yang tinggi pada buah nangka menjadi elektrolit yang berfungsi menjaga tekanan darah tetap terjaga dan dapat mencegah infeksi. Mengkonsumsi buah nangka tidak akan membuat tekanan darah anda melonjak, namun anda harus mengkonsumsinya dengan bijak. 

4. Mencegah risiko serangan jantung dan stroke Manfaat berikutnya dari buah lezat ini adalah dapat mencegah risiko terkena penyakit jantung dan stroke karena kandungan kaliumnya. Dalam buah nangka terdapat kandungan vitamin B seperti thiamin, riboflavin, niacin dan folat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. 

5. Baik untuk pembentukan tulang Selain dagingnya, biji buah nangka juga dapat diolah menjadi makanan. Biji buah nangka yang disebut dengan beton mengandung protein, karbohidrat dan energi yang baik untuk kesehatan. Selain itu kandungan mineral penting seperti fosfor, zat besi, dan kalsium berfungsi sebagai pendukung utama dalam pembentukan tulang. 

Itulah kandungan dalam buah nangka yang baik untuk kesehatan tubuh anda. dalam mengkonsumsi buah nangka juga tidak berlebihan karena dapat memicu pembentukan gas dalam perut yang menyebabkan perut menjadi mulas. Nikmati buah nangka secara bijak, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar